Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran adalah proses sistematis untuk menilai efektivitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan, dengan melibatkan berbagai stakeholder seperti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, serta mitra industri. Tujuannya adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan peluang perbaikan dalam aspek pembelajaran (kurikulum, metode pengajaran, fasilitas) maupun dampaknya terhadap kompetensi lulusan. Melibatkan stakeholder memastikan evaluasi bersifat komprehensif, objektif, dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja serta perkembangan keilmuan.
Rencana Tindak Lanjut
Rencana tindak lanjut adalah serangkaian strategi sistematis yang dirancang untuk mengatasi temuan dari evaluasi pembelajaran, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Ini mencakup upaya perbaikan tidak hanya pada aspek akademik (seperti metode pengajaran dan kurikulum), tetapi juga fasilitas pendukung, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, serta pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa. Rencana ini berfungsi sebagai panduan konkret untuk transformasi proses pembelajaran yang lebih efektif, relevan, dan berkelanjutan.